Toyota
terus berusaha untuk tetap mengembangkan model mobil - mobilnya dengan
melakukan perubahan yang lebih baik dan tentunya modern. Memproduksi generasi baru ini tentunya tidak
mudah. Di dalam pabrik kita dapat melihat perencanaan matang yang dilakukan
Toyota untuk dapat melahirkan generasi baru yang fresh dengan pengembangan dan
ubahan – ubahan teranyar ini. Di Indonesia pada 1977 Kijang pertama kali
meluncur dan diproduksi, pada saat itu kandungan lokalnya hanya 18 persen.
Seiring pengembangan zaman dan teknologi selama 38 tahun, generasi keenamnya,
All-New Kijang Innova, lahir dengan muatan lokal tertinggi di antara model
produksi TMMIN lainnya.
Toyota
Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang telah memproduksi Toyota Innova
terbaru memperlihatkan pembuatan Toyota Innova generasi terbaru ini dengan
terang- terangan kepada jurnalis. Hal ini dilakukan di pabril Karawang Plant I
di Karawang, Jawa Barat, yang selama ini menjadi lokasi produksi Innova dan
Fortuner. TMMIN kali ini menunjukan dapur rahasia dan hasil investasi Rp 5
triliun untuk produksi model baru Innova. Modal itu sudah digunakan merombak
total dapur berikut isinya jadi lebih modern. Dalam produksi mobil-mobilnya
TMMIN menjalankan kemitraan yang erat dengan pemasok lokal agar dapat
bersama-sama tumbuh dan meningkatkan kualitas untuk memenuhi kebutuhan
pelanggan. Fungsi khusus di TMMIN yang didedikasikan untuk menangani masalah
pembangunan pemasok, dari transfer keahlian, standar keselamatan, kualitas,
efisiensi dan pengiriman, hingga fungsi kemampuan manajemen. Jika dilihat
secara sekilas tampilan luar, mobil Toyota Kijang All New Innova terlihat
mendapat perubahan signifikan pada desain grilled depan, dengan desain yang
terlihat seperti desain mobil Toyota Grand New Avanza.
Biasanya, siapapun
pengunjung pabrik harus melewati pemeriksaan ketat. Alat dokumentasi seperti
kamera pada ponsel wajib ditutupi agar tidak bisa mengambil gambar. Namun hari
itu istimewa sebab aturannya lebih lunak. Jurnalis diizinkan mengambil foto
aktivitas produksi Innova. Sebagian besar aktivitas pabrik bisa dilihat,
generasi kedua Toyota Innova pun tampil "telanjang". Aktivitas yang
terekam mulai dari stok komponen dari pemasok, proses pemasangan bodi dengan
sasis, hingga unit All-New Innova dites kualitas sebelum dikirim ke gudang stok
unit.
Berbicara tentang
hasil produksi, kehadiran generasi terbaru Toyota Kijang Innova inipun terbukti
ampuh mengobati kerinduan konsumen setianya. Selain Jakarta, kendaraan MPV keluarga
terbaru ini juga mendapat respons positif di Solo, Jawa Tengah. Toyota Innova
di Solo sangat bagus animonya, apalagi tidak ada kompetitor di kelasnya. Para pecinta Toyota di Solo, telah
menantikan peluncuran Kijang Innova baru karena mendengar banyaknya ubahan
serta tambahan fitur baru. Kijang Innova menjadi salah satu tulang punggung
ekspor Toyota Indonesia dan Kijang merupakan model pertama yang diekspor Toyota
Indonesia pada tahun 1987 dengan volume sekitar 500 unit per tahun ke
negara-negara di ASEAN dan Pasifik. Selama 5 tahun terakhir, ekspor utuh Kijang
Innova rata-rata mencapai 16.000 unit per tahun ke negara-negara di kawasan
Asia, Afrika, Karibia, Amerika Latin dan Timur Tengah. Bersama Hilux dan
Fortuner, Kijang menjadi salah satu produk Toyota dengan platform global. Ini
memberi peluang kepada Kijang untuk memiliki akses yang lebih luas ke pasar
manca negara atau global seperti terlihat pada kinerja ekspor TMMIN.
0 komentar:
Posting Komentar