Melihat Perakitan Generasi Baru Toyota Innova di Karawang


Toyota terus berusaha untuk tetap mengembangkan model mobil - mobilnya dengan melakukan perubahan yang lebih baik dan tentunya modern.  Memproduksi generasi baru ini tentunya tidak mudah. Di dalam pabrik kita dapat melihat perencanaan matang yang dilakukan Toyota untuk dapat melahirkan generasi baru yang fresh dengan pengembangan dan ubahan – ubahan teranyar ini. Di Indonesia pada 1977 Kijang pertama kali meluncur dan diproduksi, pada saat itu kandungan lokalnya hanya 18 persen. Seiring pengembangan zaman dan teknologi selama 38 tahun, generasi keenamnya, All-New Kijang Innova, lahir dengan muatan lokal tertinggi di antara model produksi TMMIN lainnya.


Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang telah memproduksi Toyota Innova terbaru memperlihatkan pembuatan Toyota Innova generasi terbaru ini dengan terang- terangan kepada jurnalis. Hal ini dilakukan di pabril Karawang Plant I di Karawang, Jawa Barat, yang selama ini menjadi lokasi produksi Innova dan Fortuner. TMMIN kali ini menunjukan dapur rahasia dan hasil investasi Rp 5 triliun untuk produksi model baru Innova. Modal itu sudah digunakan merombak total dapur berikut isinya jadi lebih modern. Dalam produksi mobil-mobilnya TMMIN menjalankan kemitraan yang erat dengan pemasok lokal agar dapat bersama-sama tumbuh dan meningkatkan kualitas untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Fungsi khusus di TMMIN yang didedikasikan untuk menangani masalah pembangunan pemasok, dari transfer keahlian, standar keselamatan, kualitas, efisiensi dan pengiriman, hingga fungsi kemampuan manajemen. Jika dilihat secara sekilas tampilan luar, mobil Toyota Kijang All New Innova terlihat mendapat perubahan signifikan pada desain grilled depan, dengan desain yang terlihat seperti desain mobil Toyota Grand New Avanza.

Biasanya, siapapun pengunjung pabrik harus melewati pemeriksaan ketat. Alat dokumentasi seperti kamera pada ponsel wajib ditutupi agar tidak bisa mengambil gambar. Namun hari itu istimewa sebab aturannya lebih lunak. Jurnalis diizinkan mengambil foto aktivitas produksi Innova. Sebagian besar aktivitas pabrik bisa dilihat, generasi kedua Toyota Innova pun tampil "telanjang". Aktivitas yang terekam mulai dari stok komponen dari pemasok, proses pemasangan bodi dengan sasis, hingga unit All-New Innova dites kualitas sebelum dikirim ke gudang stok unit.

Berbicara tentang hasil produksi, kehadiran generasi terbaru Toyota Kijang Innova inipun terbukti ampuh mengobati kerinduan konsumen setianya. Selain Jakarta, kendaraan MPV keluarga terbaru ini juga mendapat respons positif di Solo, Jawa Tengah. Toyota Innova di Solo sangat bagus animonya, apalagi tidak ada kompetitor di kelasnya. Para pecinta Toyota di Solo, telah menantikan peluncuran Kijang Innova baru karena mendengar banyaknya ubahan serta tambahan fitur baru. Kijang Innova menjadi salah satu tulang punggung ekspor Toyota Indonesia dan Kijang merupakan model pertama yang diekspor Toyota Indonesia pada tahun 1987 dengan volume sekitar 500 unit per tahun ke negara-negara di ASEAN dan Pasifik. Selama 5 tahun terakhir, ekspor utuh Kijang Innova rata-rata mencapai 16.000 unit per tahun ke negara-negara di kawasan Asia, Afrika, Karibia, Amerika Latin dan Timur Tengah. Bersama Hilux dan Fortuner, Kijang menjadi salah satu produk Toyota dengan platform global. Ini memberi peluang kepada Kijang untuk memiliki akses yang lebih luas ke pasar manca negara atau global seperti terlihat pada kinerja ekspor TMMIN.


0 komentar:

Posting Komentar